Kamis, 03 Januari 2013

DISTANCE LEARNING USING E-LEARNING

DISTANCE LEARNING USING E-LEARNING 
By Ellina Rienovita

       Mendidik yang efektif pada dasarnya merupakan kemampun seseorang menghadirkan diri sedemikian sehingga pendidik memiliki relasi bermakna pendidikan dengan para peserta didik sehingga mereka mampu menumbuh kembangkan dirinya menjadi pribadi dewasa dan matang. Dasar pendidikannya adalah apa yang menjadi “dunia”, minat, dan kebutuhan-kebutuhan peserta didik. Pendidik membantu peserta didik untuk menemukan, mengembangkan dan mencoba mempraktikkan kemampuan-kemampuan yang mereka miliki (the learners-centered teaching). Ciri utama pendidikan yang berpusat pada siswa adalah bahwa pendidik menghormati, menghargai dan menerima siswa sebagaimana adanya. Komunikasi dan relasi yang efektif sangat diperlukan dalam model pendidikan yang berpusat pada siswa, sebab hanya dalam suasana relasi dan komunikasi yang efektif, peserta didik akan dapat mengeksplorasi dirinya, mengembangkan dirinya dan kemudian mem- “fungsi” -kan dirinya di dalam masyarakat secara optimal.
Bagaimana kita dapat membantu siswa secara optimis dalam proses pembelajaran:

  1. Jelas : Sediakan informasi tentang pembelajaran. Kapan siswa dapat menggunakannya, tentang jadwal, tentang tes, dll. Apa yang ditawarkan dan apa yang tidak ditawarkan harus secara jelas. Tentang perjanjian dengan siswa SLA (Service Level Agreement) sangat berguna dalam pengajaran.
  2. Pengetahuan tentang tes. Pengetahuan tentang test sangat diperlukan
  3. Tulis tentang rencana pembelajaran dengan siswa. Dalam rencana pembelajaran adalah menulis jadwal, langkah-langkah yang diperlukan. Juga memberika saran tentang dasar pembelajaran dan tipe pembelajaran dari siswa. Siswa komitmen dengan rencananya.
  4. Menggunakan pengalaman dari siswa. Hubungan aktivitas dari hari ke hari dengan mereka, buatlah pusat permasalahan.
  5. Buatlah pengalaman sebanyak mungkin. tapi focus pada pengajaran yang relevan.
  6. Berikan modul belajar bagaimana belajar dengan menjelaskan tip proses belajar.
  7. Latih siswa pada proses belajar.
  8. Berikan suatu lingkungan teknik yang solid. Penggunaan rintangan-rintangan pada pembalajaran.

0 komentar:

Posting Komentar