Kamis, 03 Januari 2013

Studi Kasus


STUDI KASUS WEB ONLINE LEARNING
GESCHOOL (WWW.GESCHOOL.NET)


Dari analisis yang dilakukan terhadap desain, fasilitas, dan konten yang terdapat didalam web Geschool sebagai web online learning. Dapat diambil beberapa kesimpulan mengenai keberadaan web Geschool dalam membelajarkan individu-individu yang ada dimanapun dan kapanpun serta beragam usia, yaitu :
a.    Web Geschool telah memiliki berbagai fasilitas dan fitur yang mampu mengarah pada tercapaianya pembelajaran melalui e-learning yang ideal, yaitu yang dapat dikatakan hampir mampu menyeimbangi intensitas pembelajaran konvensional.
b.    Dapat dikatakan bahwa melalui web Geschool, yaitu dengan pemanfaatan segala fasilitas dan konten yang ada mampu mengakomodir terciptanya lingkungan belajar yang interaktif, saling bekerjasama dalam mengkolaborasikan pemikiran dan karya melalui chat/komentar/diskusi dan percakapan syncronous, belajar melalui berbagai model bahan sesuai gaya belajar, seperti layaknya pada pembelajaran tatap muka.
c.    Beberapa koreksi untuk web Geschool, mengenai konten pembelajaran untuk SD (mungkin dalam pembelajaranya dibimbing oleh orang tuanya, karena kemungkinan pembelajaran online tidak efektif karena pengalaman belajar anak dengan teknologi masih sangat kurang). Siswa SD sebagai anak-anak masih sangat suka bermain, sehingga perlu ditambahkan konten pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game-game edukatif. Sehingga siswa tertarik untuk belajar di web Geschool.
d.   Guna mencapai lingkungan belajar online yang autentik, web Geschool dapat menambahkan beberapa fasilitas atau konten bahan ajar seperti penugasan user dalam bentuk penugasan yang berkaitan dengan diterapkanya konsep melalui dunia nyata, ataupun pemberian masalah yang kompleks yang terjadi di kehidupan nyata. Untuk dapat diselesaikan user secara individu maupun kelompok.


0 komentar:

Posting Komentar