CATATAN
LAPANGAN OBSERVASI UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH – UNIVERSITAS TERBUKA
(UPBJJ-UT), YOGYAKARTA
(Oleh
: Elsa Sugiarti/2012/KTP/FIP/UNY)
Dengan melihat
secara keseluruhan informasi yang didapat melalui lembaga pendidikan
Universitas Terbuka (UPBJJ-UT Yogyakarta) sebagai salah satu lembaga
penyelenggara e-learning/online learning, diperoleh beberapa kesimpulan
mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau eleraning/online learning
tersebut , berikut beberapa diantara kesimpulan yang diperoleh :
1. Dibutuhkan
adanya komitmen, pengetahuan, tanggungjawab, kerja keras serta modal mental
yang kuat guna membangun dan mempertahankan sebuah lembaga pendidikan terbuka
dan jarak jauh untuk dapat mencapai kedudukan yang diinginkan didalam
lingkungan masyarakat.
2. Dibutuhkan adanya kerjasama (internal dan
eksternal) dalam mengelola lembaga dan pemanfaatan semaksimal mungkin
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya computer sebagai media
belajar dan interaksi yang mampu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran
jarak jauh.
3. Media
pembelajaran jarak jauh yang paling efektif sampai saat ini, dengan melihat
kondisi demografi dan geografi serta keterbatasan interkoneksi adalah modul
(bahan ajar cetak yang didesain khusus untuk pebelajar mandiri).
4. Pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh atau e-learning/online
learning di Indonesia dirasa lebih efektif dengan model blended learning
atau dual mode yaitu kombinasi dari konvensional dan e-learning. Seperti yang diterapkan pada UPBJJ-UT Yogyakarta.
Dimana masih terdapat control dari tutor terhadap mahasiswa, untuk dapat
mengendalikan secara langsung meskipun hanya pada waktu-waktu tertentu guna
memastikan keberhasilan dalam memahami dan menginterpretasikan bahan ajar.
0 komentar:
Posting Komentar