Kamis, 03 Januari 2013

OBSERVASI UNIVERSITAS TERBUKA (UPBJJ-UT)


CATATAN LAPANGAN OBSERVASI UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH – UNIVERSITAS TERBUKA (UPBJJ-UT), YOGYAKARTA
(Oleh : Elsa Sugiarti/2012/KTP/FIP/UNY)

Dengan melihat secara keseluruhan informasi yang didapat melalui lembaga pendidikan Universitas Terbuka (UPBJJ-UT Yogyakarta) sebagai salah satu lembaga penyelenggara e-learning/online learning, diperoleh beberapa kesimpulan mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau eleraning/online learning tersebut , berikut beberapa diantara kesimpulan yang diperoleh :
1.    Dibutuhkan adanya komitmen, pengetahuan, tanggungjawab, kerja keras serta modal mental yang kuat guna membangun dan mempertahankan sebuah lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh untuk dapat mencapai kedudukan yang diinginkan didalam lingkungan masyarakat.
2.     Dibutuhkan adanya kerjasama (internal dan eksternal) dalam mengelola lembaga dan pemanfaatan semaksimal mungkin perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya computer sebagai media belajar dan interaksi yang mampu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran jarak jauh.  
3.    Media pembelajaran jarak jauh yang paling efektif sampai saat ini, dengan melihat kondisi demografi dan geografi serta keterbatasan interkoneksi adalah modul (bahan ajar cetak yang didesain khusus untuk pebelajar mandiri).
4.    Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau e-learning/online learning di Indonesia dirasa lebih efektif dengan model blended learning atau dual mode yaitu kombinasi dari konvensional dan e-learning. Seperti yang diterapkan pada UPBJJ-UT Yogyakarta. Dimana masih terdapat control dari tutor terhadap mahasiswa, untuk dapat mengendalikan secara langsung meskipun hanya pada waktu-waktu tertentu guna memastikan keberhasilan dalam memahami dan menginterpretasikan bahan ajar.




0 komentar:

Posting Komentar