Minggu, 22 Mei 2011

Koran Dijadikan Sebagai Media Pembelajaran

Wahhhh, apapun medianya belajar dapat kita lakukan bersama-sama, dan dengan benda apapun itu selama apa yang akan kita pelajari bisa kita lakukan melalui media benda tersebut. kakreatifan seorang pembimbing memberi kontribusi yang tinggi dalam pembentukan pengetahuan anak serta memotivasi anak bahwa belajar itu mudah.... ayo kita manfaatkan semaksimal mungkin apa yang ada disekitar kita, seperti para guru di SD Bajo-Lombok Utara ini.... Semangaaaaat


Karang Bajo-Lombok Utara:Untuk memperkenalkan tentang media massa kepada siswanya, para guru di SDN 1 Bayan memamfaatkan Koran BERITA sebagai media pembelajaran.
Demikian dikatakan Saefuddin Spd, pada Suara Komunitas, (3/3) ketika ditemui disela-sela tugasnya sebagai guru kelas VI di SDN setempat. Menurutnya, seorang guru tidak cukup hanya mengenalkan media dengan teori saja, tetapi juga perlu dicontohkan, sehingga kami memamfaatkan Koran Berita sebagai media pembelajaran.

Siswa SDN 1 Bayan sedang membaca koran”Dengan adanya koran ini, kita bisa menunjukkan kepada siswa, mulai cara penulisan yang sederhana, sampai pada mengambil berita-berita yang bermamfaat bagi pendidikan, karena  sistim pengajaran yang sekarang ini harus juga menggunakan  media massa”, jelasnya.

Hal tersebut juga diakui oleh kepala SDN 1 Bayan, Tawaf Spd, bahwa memperkenalkan media massa kepada anak didik sangat penting, karena media seperti Koran BERITA, disamping menggunakan tulisan yang sederhana juga  menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh siswa. ”Dan pembelajaran seperti ini akan terus kami kembangkan”, katanya.

Menyoroti tentang sarana dan prasanara belajar, menurut Tawaf, masih banyak yang kurang terutama ruang belajar, sehinga masih ada beberapa kelas harus belajar di ruang terbuka. ”Memang anak-anak masih ada yang belajar di ruang darurat alias belum ditembok, karena SDN 1 Bayan masih kekurangan kelas”, katanya sedih sambil menunjuk ruangan yang terbuka.

Pantauan Koran BERITA menunjukkan, bahwa ruangan kelas IV  memang masih tampak terbuka karea darurat, demikian juga dengan beberapa ruangan yang semua gudang dirubah menjadi ruangan kelas.  ”Kami kekurangan sekitar 3 ruang kelas belajar, sehingga gudangpun kini kami sulap untuk menjadi kelas, agar siswa yang berjumlah 380 lebih bisa tertampung semuanya”, tambah Tawaf.

Sementara beberapa guru SDN 1 Bayan, mengharapkan kepada pemerintah baik kabupaten maupun propinsi untuk membantu penambahan ruang belajar, agar sebagian siswanya tidak belajar di tempat yang terbuka, lebih-lebih sekarang ini, bila huja turun disertai dengan angin, tentu akan masuk air ke dalam ruang kelas. (M. Syairi)

Sumber : http://www.suarakomunitas.net/baca/7020/koran-dijadikan-sebagai-media-pembelajaran.html

0 komentar:

Posting Komentar