Minggu, 15 Mei 2011

Pembelajaran aktif anak melalui penggunaan cahaya

Pembelajaran aktif anak melalui penggunaan cahaya pada sekolah anak di sekolah Reggio , itali.



Penggunaan cahaya dalam pembelajaran aktif anak, bagaimana penerapanya dan seperti apa pemanfaatanya?
Pengen tahu nih…
Kita akan pelajari bersama walaupun hanya sedikit pembahasan, kalau begitu ayo kita membaca!!!
       Cahaya, yang dimaksud cahaya disini memang cahaya-cahaya yang sering kita lihat sebelumnya. Disini cahaya dimanfaatkan dalam suatu tempat dengan berbagai variasi cahaya yang dapat mengekstrakan dalam pembelajaran sehingga menjadi cara yang lebih mudah, megic, dan merubah dan simulasi yang dapat dilakukan sehingga dapat meningkatkan kretivitas dan imajinasi yang dalam.
Peralatan dan bahan yang termasuk dalam benda-benda yang bercahaya antara lain : lampu, lampu disko, lampu cahaya tabel, OHP, LCD, screen light,flashlight ,kaca meja, screen hitam dan putih dan sumber-sumber cahaya lainya. Sebelum memulainya tentu kita telah mengetahui bagaimana karakteristik seorang anak PAUD yang rata-rata umurnya berkiasar antara 5-6 tahun. Mereka lebih tertarik pada aktifitas-aktifitas yang menarik dan melibatkan diri mereka, sehingga pemanfaatan cahaya ini bisa dilakukan agar kreatifitas dan imajinasi mereka lebih tinggi.
Kelas menggunakan cahaya memerlukan pencahayaan yang minimal dan dinding yang gelap. Memasuki kelas dengan cahaya, membawa anak pada imajinasi yang ada dalam dirinya agar menjadi lebih kreatif dan dapat membuat fariasi bentuk menggunakan cahaya yang mana telah dipersiapkan oleh guru.
a)      Pemanfaatan LCD dan computer
Yah disini penggunaan cahaya dilakukan melalui pemanfaatan LCD dan kompuer yang ada, dengan menampilkan cahaya bunga-bunga,seorang anak berdiri tepat didepan sumber cahaya sehingga pada tubuh mereka cahaya tersebut terlihat. Dan disetiap anak dipakaikan baju polos putih yang besar, agar mereka menggambarkan pola-pola dari cahaya tersebut pada kaos yang mereka pakai.

0 komentar:

Posting Komentar