Sabtu, 07 Mei 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN


STRATEGI PEMBELAJARAN
Sebelum kita mengetahui dan belajar sedikit mengenai berbagai strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran terlebih dahulu kita lihat definisi dari strategi itu sendiri, yaitu :
Menurut Kemp (Wina Senjaya 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar kegiatan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dan dengan mengutip pemikiran J.R David, wina senjaya mengatakan bahwa didalam strategi pembelajaran mengandung makna perencanaan (http://www.psb-psma.org/content/blog).
Sebagai seorang guru perlu menentukan cara untuk menempatkan siswa agar mereka dapat membangun dan memahami dunia yang ada disekitar mereka. Guru harus merencanakan dan memanage setting pembelajaran untuk manjamin siswa dapat memperoleh perubahan atau pembentukan pengetahuan dan sukses (Kuhn dan Udel,2011).
Guru member pengaruh yang signifikan terhadap siswanya. Strategi pembelajaran dipilih guru yang memberi pengaruh terhadap outcome dari siswa.oleh karena itu guru perlu selettif dalam pemilihan strategi. Strategi yang dipilih guru seharusnya member dampak lebih baik terhdap pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran anatara lain : presentasi, demonstrasi, drill and practice,tutorial, diskusi, cooperative learning, games, simulasi, discovery dan problem solving. Dari beberapa strategi tersebut beberapa diantaranya ada yang berbasis teacer-centered (TC) dan student centered (SC). Strategi yang berbasis TC yaitu presentasi, demonstrasi, drill and practice, dan tutorial. Sedangkan strategi yang berbasis SC yaitu diskusi, cooperative learning, games, simulasi, dan problem solving.
Untuk belajar lebih jauh mengenai pengertian, keuntungan dari masing-masing strategi dan penerapanya dapat diakses melalui : http://ellsaquers008.blogspot.com/2011/05/pengertian-strategi-pembelajaran-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar