Sabtu, 07 Mei 2011

PEMANFAATAN BLOG DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MENULIS DAN MEMBACA SISWA


Pingin share mengenai :
PEMANFAATAN BLOG DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MENULIS DAN MEMBACA SISWA


Belajar merupakan hal yang sangat wajar, dilakukan oleh setiap orang dalam rangka untuk menjadikan dirinya sebagai manusia yang lebih bermanfaat dan lebih baik untuk kedepanya. Bagaimana dengan budaya membaca dan menulis yang seharusnya terus berkembang sehingga pengetahuan pun dapat berkembang serta maju dalam berfikir kritis. Pada kenyataanya belajar memang selalu dilalui oleh banyak orang . Namun dalam prakteknya mereka kurang memahami apa yang sedang mereka kerjakan sebenarnya. Dimana apa yang mereka cari tidak diimbangi dengan rasa ingin tahu dan kemampuan yang mereka mantapkan. Dasar dari mereka belajar adalah mereka bisa membaca dan menuangkan apa yang ada dalam fikiranya kedalam bentuk tulisan yang nantinya dapat menjadi sebuah karya. Namun untuk saat ini budaya membaca dan menulis sangatlah rendah baik dikalangan remaja maupun dewasa. Dan kenapa itu bisa terjadi?
Pergaulan saat ini memang terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi, tapi tidak hanya pergaulan saja yang diberikan dampak oleh teknologi. Pengetahuan, cara berfikir dan belajar pun turut berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Dan ingatlah satu kalimat mutiara ini “mambaca adalah jendela wawasan” dan “buku adalah gudang pengetahuan”. Mengapa teknologi itu terus berkembang, dan siapa yang telah menciptakan teknologi-teknologi canggih di dunia ini, mereka adalah orang-orang yang selalu ingin tahu dan membaca serta menuangkan ide-idenya sehingga apa yang mereka lakukan terus berkembang dan berubah dari apa yang mereka ketahui dan menjadi berkembang pengetahuan mereka setelah membaca. Jadi tidak ada alasan yang penting mengapa seseorang tidak membaca ataupun tidak menulis apa yang ada dalam pikiranya.
Beberapa faktor dapat diketahui mengapa budaya membaca dan menulis amatlah memprihatinkan, diantaranya memang sudah jelas rendahnya tingkat membaca dan menulis karena kemalasan orang itu sendiri, mereka sudah bosan membaca buku-buku pelajaran yang biasanya sering disajikan dikelas, tulisan-tulisan yang mereka anggap membosankan sehingga mereka lebih tertarik untuk bermain-main,  adanya ketidaktertarikan terhadap apa yang mereka baca, mereka lebih suka membaca sms, novel, komik, facebook, dsb. Hal-hal tersebut dapat menjadi penghambat perkembangan dan gerak siswa dalam berfikir karena telah dimanjakan oleh teknologi yang terus berkembang. Namun kita bisa merubahnya jika kita jadikan mereka sebagai subjek dalam perkembangan teknologi dan pengetahuan dengan mengembangkan minat baca dan menulis mereka serta memanfaatkan lebih jauh teknologi yang ada sebagai contoh yaitu fasilitas internet berupa blog, yang akan memberi rangsangan positif bagi siswa agar minat baca dan menulis mereka dapat berkembang. Dimana blog didefinisikan:
Blog menurut Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005: WEB dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya http://pembelajar.info/
            Pemanfaatan media blog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis siswa. Dimana seharusnya telah diketahui oleh para guru bahwa aplikasi web seperti blog merupakan media yang menarik bagi siswa, sehingga media terebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan minat baca dan menulis siswa. Telah kita ketahui bahwa kompetensi TIK dalam SMP dan SMA/SMK telah diterapkan dalam kurikulum sehingga siswa telah mengetahui bagaimana penggunaan internet dalam mencari informasi. Dan dalam pembuatanya, blog pun sangat mudah sehingga guru bisa memanfaatkanya. Dalam pembelajaran, guru pun dapat menggunakan blog sebagai media dalam penyajian materi, menugaskan siswa untuk menulis apa yang ada dalam pikiran mereka, ataupun memberi tugas untuk mencari infosmasi diblog yang telah ditentukan. Dan dalam penggunaanya siswa pun dapat memfariasikan apa yang ingin mereka cari melalui informasi yang dapat diperoleh dari internet, sehingga guru hanya perlu menyampaikan dasar-dasar yang perlu diketahui siswa dalam penggunaan blog.
            Dengan melihat karya-karya tulisan yang baik, unik, menarik dan indah dalam blog, siswa akan terangsang untuk membacanya dan tidak terlalu bosan. Dengan ketertarikan mereka, maka mereka akan membacanya walau hanya sedikit, itu akan meningkatkan daya baca siswa dan rasa ingin tahu dapat muncul sehingga ide-ide mereka dapat dituangkan melalui tulisan dalam blog pula.
Media blog yang menarik karena konten-konten dapat dimasukan didalamnya, memberi ketertarikan dan kepuasan sendiri terhadap penulis blok dan pembacanya pula. Dengan berbagai konten menarik yang dapat dipilih dan komentar-komentar yang dapat diberikan serta adanya publikasi terhadap blog yang diterbitkan, sehingga blog lebih mengaktifkan siswa dalam menulis dan membaca serta berperan sebagai pencipta dari naskah-naskah serta kreativitas dalam menulis dan mendesain didalam blog.
Keterlibatan siswa langsung dalam penggunaan blok dapat meningkatkan pengetahuanya, mengetahui perkembangan dan perubahan pengetahuan dan teknologi. Pemanfaatan blog dalam pembelajaran dapat membantu guru baik dalam interaksi aktif melalui komentar-komentar serta meningkatkan kreativitas menulis siswa. Namun dalam penggunaanya peranan guru sangat penting dalam membimbing siswanya, karena kemampuan teknologi yang tinggi memungkinkan siswa untuk melakukan hal-hal yang mungkin tak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran. Jadi peranan guru sangat penting dalam mengontrol dan membimbing perkembangan belajar siswa pada penggunaan blok dalam pembelajaran.

by -elsa sugiearti^^

0 komentar:

Posting Komentar