Sabtu, 07 Mei 2011

PEMBELAJARAN MODEL ASSURE


PEMBELAJARAN MODEL ASSURE

Untuk apa si pembelajaran model ASSURE?
Bagaimana si pembelajaran model ASSURE ?

Belajar sedikit yuk mengenai ASSURE model….
ASSURE model merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru sebelum pembelajaran itu dilakukan, sehingga nantinya pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, maksimal dan tepat. jadi ASSURE model memberikan kemudahan atau cara untuk membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaranya agar menjadi lebih terarah dan menuju pada sasaran yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Model ASSURE ini merupakan perencanaan yang dilakukan guru dalam :
A nalyze Learner (menganalisis pebelajar/siswa)
            Terdiri dari :
   a. analisis karakteristik umum (menganalisis karakter umum dari pebelajar, seperti gen,tingkat level pada umumnya dari materi yang akan dipelajari, umur,dst)
   b. analisis kemampuan awal siswa (menganalisis kemampuan awal siswa sebelum belajar, sehingga semua aspek kemampuan dapat terjangkau dan dikembangkan)
   c. analisis gaya belajar siswa (menganalisis gaya belajar apa yang digunakan siswa, auditif atau visual atau kinestetik. Sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan strategi yang akan digunakan)
S tate Standards and Objectives (menentukan tujuan)
Setelah menganalisis siswa, kemudian guru menentukan tujuan atau object yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Dalam penentuan tujuan pembelajaran harus memenuhi ABCD (Audience (siswa), Behaviour (kemampuan apa yang akan diperoleh setelah pembelajaran), Condition (kondisi seperti apa yang diinginkan, bagaimana B muncul yang diisyaratkan dengan tujuan), Degree (criteria untuk melihat B, dengan syarat))
S elecs Strategies, Technology, media and materials (memilih strategi, teknologi, media dan material (TMM))
            Setelah menentukan tujuan pembelajaran yang jelas, sekarang guru harus menentukan strategi, teknologi , media dan material (TMM) yang cocok digunakan siswa dalam pembelajaran dengan melihat analisis learner yang telah ditentukan tadi serta sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sehingga terdapat kesesuaian antara apa yang akan dicapai terhadap kenyataan yang ada, sehingga dalam pembelajaran nantinyacocok dan tepat.
U tilize technology, media and materials (menggunakan teknologi, media dan material)
            Bagian selanjutnya adalah menggunakan teknologi, media dan material. Guru memanfaatkan dan menggunakan teknologi,media dan material yang telah ditentukan tadi, dimana penggunaan teknologi tersebut sesuai dengan strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.  Dalam melakukanya dapat dilakukan dengan mengikuti tahap 5P : Preview TMM (menampilkan/menunjukan TMM), prepare TMM (mempersiapkan TMM), prepare the environtment (mempersiapkan lingkungan), prepare the learner (mempersiapkan siswa), provide the learning experience (menyediakan pengalaman belajar).
R equaire learner participation (memerlukan partisipasi siswa)
            Dalam proses pembelajaran diperlukan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran sehingga mereka dapat membentuk dan membangun sendiri pengetahuan mereka dan memperoleh pengalaman belajar langsung. Untuk menuju pada pembelajaran yang efektif seharusnya siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik dalam berfikir maupun secara mental dalam prakteknya. Sehingga diperoleh respon atau umpan balik  serta kemampuan yang cakap pada siswa. Seperti penggunaan computer, internet, ataupun dalam diskusi
Evaluate and revise (evaluasi dan perbaikan)
            Setelah pembelajaran dilakukan, maka perlu adanya evaluasi dan perbaikan, tidak hanya untuk evaluasi terhadap siswa dalam pencapaian tujuan dari pembelajaran, tetapi jugu evaluasi dan perbaikan terhadap strategi, teknologi , media dan material yang telah digunakan selama pembelajaran. Apakah hal-hal tersebut telah benar-benar efektif untuk digunakan atau perlu diadakan perbaikan terhadap strategi, teknologi, media, dan material yang digunakan karena tidak tercapainya tujuan yang ditargetkan.
Contoh dari penerapan model ASSURE dapat kita pelajari di alamat saia yang kedua yaitu : http://ellsaquers008.blogspot.com/2011/05/contoh-assure-model.html

Sumber : Smaldino, Sharon E.

0 komentar:

Posting Komentar