Senin, 16 Mei 2011

Pembelajaran Hibrida

Pembelajaran hibrida
Apa si pembelajaran inovasi yang disebut hibrida ?
Selama ini kita mengenal pembelajaran seperti KBM, konvensional, dan sebagainya. Untuk itu mari kita belajar bersama dengan membaca ulasan berikut :
Inovasi : Pembelajaran Hibrida
Dalam pembelajaran, selain peran pengajar, paradigma pembelajran diduga akan bertahan lama karena terus-menerus dipengaruhi inovasi yang merambah dunia pendidikan. Konsep kegiatan belajar mengajar (KBM ) pada kelas konvensional berkembang pula menjadi pembelajaran hibrida (hybrid instruction). Pola pembelajaran hibrida dikembangkan sebagai alternatif pola online learning yang menerapkan pola mandiri dalam porsi yang banyak. Kesulitan belajar yang dialami peserta didik selama belajar mandiri secara online, diatasi dengan kegiatan terstruktur offline. Kegiatan terstruktur ini juga sekaligus menjadi program pengayaan dan menerapkan metode-metode belajar sebagaimana KBM konvensional. Kegiatan ini disebut dengan pembelajaran hibrida.
Paradigma  pembelajaran diasumsikan akan langgeng karena bersifat adaptif.paradigma ini dapat dimodifikasi sedemikian rupa demi kemajuan ilme dan teknologi yang terus berkembang. Selain itu, sosok pengajar walau tidak dominan seperti dalam paradigm mengajar, tetap diperlukan untuk pembinaan perilaku atau sikap yang berorientasi pada norma masyarakat .
Demokianlah sedikit ulasan yang kit abaca, pada intinya kita ketahui bahwa pembelajaran hibrida ini akan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan guru sebagai pembimbing dan penasehat dalam pembelajaran.

Sumber : Dewi salma prawilradilaga.”prinsip disain pembelajaran”.2007

0 komentar:

Posting Komentar