Jurnal
PENGEMBANGAN
PROGRAM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS LMS UNTUK
KETERAMPILAN
PEMECAHAN MASALAH DI PT. INDOSAT TBK.
Oleh: Muhammad Amin Bakri
Umumnya, pengembangan program pembelajaran online di
lingkungan korporat masih berkisar pada materi pelatihan kognitif tingkat
rendah. Penelitian ini difokuskan kepada pengembangan keterampilan menggunakan
tools penyelesaian masalah, yang bersifat pemikiran kompleks. Metodologi yang
digunkan adalah penelitian pengembangan, yang dimulai dari analisis dan desain,
pengembangan, sampai dengan evaluasi formatif terhadap hasil pengembangan
tersebut. Dari hasil analisis program yang dikembangkan diperoleh kesimpulan
bahwa program sudah memenuhi standar online learning dan dapat diintegrasikan
dengan LMS (Learning Management System) yang sudah ada. Meskipun demikian,
karena kebijakan dan keterbatasan sumber daya yang tersedia, maka beberapa
fitur penting dalam LMS belum bias dimanfaatkan secara optimal untuk
penyelenggaraan belajar online yang lebih komprehensif.
Penggunaan teknologi dalam pelatihan di perusahaan,
sebenarnya sudah mulai marak diterapkan sejak ditemukannya pembelajaran
berbantuan audio visual. Perkembangan makin terlihat setelah diperkenalkannya
pembelajaran berbantuan komputer ataupun pelatihan berbasis komputer (computer
based training). Setelah internet berkembang, perusahaan mulai
mengimplementasikan pelatihan berbasis web (web based training), kelas
maya (virtual class), serta sistem tutorial cerdas (intelligence
tutorial system). Dalam satu dasawarsa terakhir, perusahaan semakin
memberikan perhatian kepada pemanfaatan teknologi untuk pendidikan dan
pelatihan karyawan. Hal ini dilakukan mengingat keuntungan yang diberikan oleh
pemanfaatan teknologi tersebut dianggap cukup signifikan. Keuntungan-keuntungan
tersebut tidak hanya menyangkut persoalan penghematan biaya pelatihan, tetapi
juga mencakup soal efektivitas dan produktifitas proses pembelajaran. Kini,
setelah dunia bisnis dan industry memasuki era internet,pembelajaran di
perusahaan mulai marak menggunakan sistem belajar online (online
learning).
Perkembangan tersebut telah mendorong PT. Indosat
Tbk., untuk ikut memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pelatihan dan
pengembangan sumber daya manusianya. Diantara upaya tersebut adalah dengan
mengimplementasikan pembelajaran secara elektronis (e-learning) yang
telah dimulai secara resmi pada akhir tahun 2006. Pada awal tahun 2007, sistem e-learning
Indosat dikembangkan dengan mengimplementasikan Learning Management
System (LMS). LMS adalah aplikasi perangkat lunak e-learning yang
dimaksudkan agar pelatihan berbasis web dapat diakses lebih luas dan lebih
fleksibel oleh karyawan, juga dapat dikelola secara lebih efektif dan efisien.
LMS tersebut masih digunakan sebatas basis penyampaian konten online serta
tes online. Kecuali itu, materi pembelajaran yang disampaikan melalui
LMS tersebut, juga masih berkisar pada materi-materi pelatihan tingkat kognitif
rendah, seperti pengetahuan produk Indosat, pengenalan profil perusahaan, serta
keterampilan dan keselamatankerja. Oleh karena itu kebutuhan akan penerapan
model belajar online, terutama untuk materi pelatihan yang membutuhkan proses
kognitif tingkat tinggi, sangat mendesak.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan
tersebut. Oleh karena itu, penelitian tidak hanya berpretensi mengkaji dan
mengevaluasi program pembelajaran yang sudah ada, melainkan ikut mengembangkan
program pembelajaran baru yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan
program pembelajaran online sebelumnya. Program pembelajaran online yang
dikembangkan adalah penggunaan tools untuk pemecahan masalah (problem
solving).
Kesimpulan yang diberikan :
Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan
sebuah program pembelajaran online tentang penggunaan tools pemecahan
masalah yang langsung dapat diintegrasikan dengan LMS Indosat saat ini. Proses
pengembangan telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan IDL yang
melibatkan pihak-pihak terkait serta dengan mempertimbangkan kebutuhan,
kondisi, maupun kebijakan yang terkait dengan pembelajaran di Indosat. Evaluasi
formatif yang telah dilakukan memberikan perbaikan yang konstruktif terhadap
penyempurnaan program secara keseluruhan, Beberapa perbaikan dan penyempurnaan
program di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan mengoptimalkan fitur-fitur
teknologi yang ada seperti optimalisasi forum diskusi, eksplorasi sumber-sumber
belajar eksternal, tele-mentoring, maupun proyek online. Penelitian ini pun
sangat baik jika ditindaklanjuti dengan penelitian evaluative yang akan
mengevaluasi implementasi dari program pembelajaran online yang telah
dikembangkan.
Pelajari lebih lanjut download : http://www.ziddu.com/download/21220114/12-43-1-PB.pdf.html
Sumber : Muhammad Amin Bakri.Pdf
Link referensi error (sudah dihapus), mohon informasi dimana saya bisa mendapatkan file tersebut untuk keperluan tesis
BalasHapusTerima kasih
dewa