Kamis, 20 Desember 2012

Jurnal-Karakter-PJJ

KARAKTE  R DAN PENGEMBANGANNYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN JARAK
JAUH-Jurnal
Mohammad Imam Farisi
Diungkapkan oleh Mohammad Imam Farisi dalai penutupnya :
Pada dasarnya, penggunaan berbagai medium teknologi dalam SPJJ merupakan ikhtiar yang bersifat etis (ethical enterprise). Karenanya, karakteristik atau ciri khas studi dan pengembangan karakter—kinerja, relasional, moral, dan spiritual—dalam SPJJ seyogianya terrefleksi dan terintegrasi di dalam desain dan medium PJJ (cetak dan non-cetak).
Studi dan pengembangan karakter dalam SPJJ dilakukan dalam berbagai konteks, yaitu: hubungan dan kerjasama antarmahasiswa dan antara mahasiswa-tutor dalam pembelajaran dan forum komunitas online; penciptaan karya-karya akademik mahasiswa atau anggota fakultas berbasis internet; pelaksanaan ujian/penilaian; akses informasi/sumber-sumber belajar berbasis internet; pemanfaatan teknologi jarak jauh; jalinan kemitraan antar institusi PJJ; dan layanan kemahasiswaan.
Sungguhpun diakui, bahwa studi tentang karakter dan pengembangannya belum banyak dilakukan oleh institusi-institusi PTJJ di dunia—termasuk institusi PTJJ di Indonesia pembahasan dalam artikel ini memperlihatkan secara jelas bahwa studi dan pengembangan karakter dalai konteks SPJJ, mulai periode 2000an sudah mendapatkan perhatian yang intensif, serta telah menjadi komitmen dan kepedulian dari para pakar dan institusi PTJJ, dan prospektif untuk ditingkatkan di masa depan.
Tak dapat dipungkiri pula, bahwa pengertian dan penanganan terhadap berbagai isu dan dilema etika dan moral dalam konteks pengembangan karakter di atas menjadi semakin signifikan dan krusial, karena konsep, filsafat, dan praktek PJJ merupakan upaya yang kental dengan pilihan etis yang tidak sebatas pada tataran ideal abstrak, melainkan juga pada tatatan praktik.
Sumber : Mohammad Imam Farisi. Karakter Dan Pengembangannya Dalai Sistem Pendidikan Jarak Jauh-Jurnal. Tangerang Selatan:Fkip-Ut.


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar