Sabtu, 29 Desember 2012

PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS LMS UNTUK KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DI PT. INDOSAT TBK.


Jurnal
PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS LMS UNTUK
KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DI PT. INDOSAT TBK.
Oleh: Muhammad Amin Bakri

Umumnya, pengembangan program pembelajaran online di lingkungan korporat masih berkisar pada materi pelatihan kognitif tingkat rendah. Penelitian ini difokuskan kepada pengembangan keterampilan menggunakan tools penyelesaian masalah, yang bersifat pemikiran kompleks. Metodologi yang digunkan adalah penelitian pengembangan, yang dimulai dari analisis dan desain, pengembangan, sampai dengan evaluasi formatif terhadap hasil pengembangan tersebut. Dari hasil analisis program yang dikembangkan diperoleh kesimpulan bahwa program sudah memenuhi standar online learning dan dapat diintegrasikan dengan LMS (Learning Management System) yang sudah ada. Meskipun demikian, karena kebijakan dan keterbatasan sumber daya yang tersedia, maka beberapa fitur penting dalam LMS belum bias dimanfaatkan secara optimal untuk penyelenggaraan belajar online yang lebih komprehensif.
Penggunaan teknologi dalam pelatihan di perusahaan, sebenarnya sudah mulai marak diterapkan sejak ditemukannya pembelajaran berbantuan audio visual. Perkembangan makin terlihat setelah diperkenalkannya pembelajaran berbantuan komputer ataupun pelatihan berbasis komputer (computer based training). Setelah internet berkembang, perusahaan mulai mengimplementasikan pelatihan berbasis web (web based training), kelas maya (virtual class), serta sistem tutorial cerdas (intelligence tutorial system). Dalam satu dasawarsa terakhir, perusahaan semakin memberikan perhatian kepada pemanfaatan teknologi untuk pendidikan dan pelatihan karyawan. Hal ini dilakukan mengingat keuntungan yang diberikan oleh pemanfaatan teknologi tersebut dianggap cukup signifikan. Keuntungan-keuntungan tersebut tidak hanya menyangkut persoalan penghematan biaya pelatihan, tetapi juga mencakup soal efektivitas dan produktifitas proses pembelajaran. Kini, setelah dunia bisnis dan industry memasuki era internet,pembelajaran di perusahaan mulai marak menggunakan sistem belajar online (online learning).
Perkembangan tersebut telah mendorong PT. Indosat Tbk., untuk ikut memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusianya. Diantara upaya tersebut adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran secara elektronis (e-learning) yang telah dimulai secara resmi pada akhir tahun 2006. Pada awal tahun 2007, sistem e-learning Indosat dikembangkan dengan mengimplementasikan Learning Management System (LMS). LMS adalah aplikasi perangkat lunak e-learning yang dimaksudkan agar pelatihan berbasis web dapat diakses lebih luas dan lebih fleksibel oleh karyawan, juga dapat dikelola secara lebih efektif dan efisien. LMS tersebut masih digunakan sebatas basis penyampaian konten online serta tes online. Kecuali itu, materi pembelajaran yang disampaikan melalui LMS tersebut, juga masih berkisar pada materi-materi pelatihan tingkat kognitif rendah, seperti pengetahuan produk Indosat, pengenalan profil perusahaan, serta keterampilan dan keselamatankerja. Oleh karena itu kebutuhan akan penerapan model belajar online, terutama untuk materi pelatihan yang membutuhkan proses kognitif tingkat tinggi, sangat mendesak.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, penelitian tidak hanya berpretensi mengkaji dan mengevaluasi program pembelajaran yang sudah ada, melainkan ikut mengembangkan program pembelajaran baru yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan program pembelajaran online sebelumnya. Program pembelajaran online yang dikembangkan adalah penggunaan tools untuk pemecahan masalah (problem solving).
Kesimpulan yang diberikan :
Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan sebuah program pembelajaran online tentang penggunaan tools pemecahan masalah yang langsung dapat diintegrasikan dengan LMS Indosat saat ini. Proses pengembangan telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan IDL yang melibatkan pihak-pihak terkait serta dengan mempertimbangkan kebutuhan, kondisi, maupun kebijakan yang terkait dengan pembelajaran di Indosat. Evaluasi formatif yang telah dilakukan memberikan perbaikan yang konstruktif terhadap penyempurnaan program secara keseluruhan, Beberapa perbaikan dan penyempurnaan program di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan mengoptimalkan fitur-fitur teknologi yang ada seperti optimalisasi forum diskusi, eksplorasi sumber-sumber belajar eksternal, tele-mentoring, maupun proyek online. Penelitian ini pun sangat baik jika ditindaklanjuti dengan penelitian evaluative yang akan mengevaluasi implementasi dari program pembelajaran online yang telah dikembangkan.



Sumber : Muhammad Amin Bakri.Pdf

1 komentar:

  1. Link referensi error (sudah dihapus), mohon informasi dimana saya bisa mendapatkan file tersebut untuk keperluan tesis
    Terima kasih
    dewa

    BalasHapus