Kamis, 13 Desember 2012

“PUPPET SHOW”

Diterbitkan oleh Sri Setiyani 1/04/2012 ,  Address (http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/)

“PUPPET SHOW”: INOVASI METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SD

Sri Setyarini
Abstrak
Anak usia dini (siswa Sekolah Dasar) memiliki karakteristik khusus dan berbeda
dengan anak dewasa. Mereka berangkat ke sekolah tidak semata-mata ingin
belajar tetapi mereka ingin bermain dan menemukan suasana asyik baginya.
Untuk memenuhi sasaran pembelajaran bahasa Inggris, “puppet show” diyakini
sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan ketrampilan berbicara
siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang diawali dengan
desain lesson plan, aplikasi dan refleksi. Untuk melengkapi data dari kelas,
wawancara kepada guru dan siswa juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa “Puppet show” merupakan strategi pembelajaran yang inovatif. Hal ini
dapat dilihat dari meningkatnya skore test akhir setelah diberikan tindakan, dan
antusias siswa dalam berbicara di kelas. Sebagian besar siswa aktif berbicara dan
tidak lagi merasa takut dan malu meskipun belum maksimal. Metode ini juga
membantu siswa dalam mengenal kosa kata baru dan ucapannya melalui tayangan
puppet yang menarik. Dari hasil wawancara guru dapat disimpulkan bahwa
“Puppet show” dapat membantu guru dalam mengenalkan kosa kata baru dan
pelafalan sehingga siswa mau berlatih untuk berbicara meskipun masih dalam
pembimbingan.

file download

0 komentar:

Posting Komentar